Home Kesehatan Peniadaan Mudik Lebaran Iedul Fitri, RSUD Kertosono Tetap Beroperasi

Peniadaan Mudik Lebaran Iedul Fitri, RSUD Kertosono Tetap Beroperasi

SHARE
Peniadaan Mudik Lebaran Iedul Fitri, RSUD Kertosono Tetap Beroperasi

Keterangan Gambar : RSUD Kertosono

mediaMERAHPUTIH.com -  Nganjuk,  Seiring dengan adanya pengurangan cuti bersama satu hari yakni tanggal 12 Mei 2021. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kertosono tetap beroperasi selama cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Sepertinya tidak akan banyak mengalami perubahan tetap RSUD Kertosono juga telah menyiapkan jadwal on call pihak manajemen.

"Sebagai lini depan pelayanan publik di bidang kesehatan, RSUD Kertosono berkomitmen untuk tetap beroperasi 24 jam, khususnya untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan rawat inap," ujar Plt Kabag TU RSUD Kertosono M.Anang saat menyampaikan di ruang kerjanya, Rabu (5/5/2021).

Anang mengatakan, selain mempersiapkan sejumlah pelayanan yang buka 24 jam, tersedia pula layanan rawat inap tetap diwajibkan untuk membuka pelayanan hanya saja dikhususkan untuk pasien yang masuk melalui intalasi gawat darurat (IGD).

"Semua jadwal on call manajemen, guna memastikan pelayanan di RSUD berjalan lancar dan tanpa hambatan," terangnya.

Menurut Anang, kebijakan tetap buka saat libur Lebaran juga berlaku untuk pelayanan poliklinik spesialis. Selain menyiagakan petugas, pihak RSUD Kertosono juga memastikan kesiapan obat dalam kondisi akan digunakan jika dibutuhkan.

Selain itu, bagi para pemegang kartu BPJS Kesehatan sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan yakni selama H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri, untuk kasus gawat darurat tetap bisa dilayani tanpa perlu ada rujukan dari fasilitasi kesehatan (faskes) sebelumnya. Dengan catatan, kartu BPJS Kesehatan tersebut masih dalam keadaan aktif.

"Kami berupaya untuk pasien BPJS Kesehatan bisa nyaman ke RSUD Kertosono. Agar jika butuh pelayanan kami silakan datang sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan," jelas Anang

Berkaca dari tahun sebelumnya, tenaga kesehatan, paramedis, ambulance, hingga kebutuhan obat-obatan disiagakan secara khusus dalam menghadapi libur lebaran tahun ini. Disamping tengah focus menangani pandemi Corona virus disease (COVID 19) agar tidak terjadi penambahan pasien yang terjangkit virus Covid 19, Anang menambahkan," Semua pihak management RSUD Kertosono mengikuti instruksi pemerintah pusat sesuai dengan SE nomer 13 tahun 2021 tentang peniadaan mudik lebaran Iedul Fitri 1442 H sebagai upaya pengendalian penyebaran Covid 19 selama bulan Ramadhan," terangnya. (Kus)

By Genta