Home Dunia Bisnis Mengapa Website Begitu Penting di Era Digital? Berikut Manfaatnya

Mengapa Website Begitu Penting di Era Digital? Berikut Manfaatnya

SHARE
Mengapa Website Begitu Penting di Era Digital? Berikut Manfaatnya

Keterangan Gambar : Mengapa Webiste Begitu Penting di Era Digital? Berikut Manfaatnya

mediaMERAHPUTIH.com Jakarta, Mengapa Website Begitu Penting di Era Digital? Berikut Manfaatnya.

Website dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya dipakai sebagai media informasi lembaga besar, website juga dapat digunakan oleh pribadi.

Membuat Portfolio Online
Website dapat digunakan sebagai tempat mengumpulkan karya-karya yang Anda buat. Manfaat website satu ini mirip seperti kliping karya sendiri tapi berbasis online. Anda dapat mengunggah tulisan, gambar, foto maupun hasil karya lain di website. Ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi karya yang Anda buat personal branding pun meningkat. 

Membagikan Pengalaman Pribadi dan Catatan Harian
Website juga dapat digunakan sebagai media membagikan pengalaman pribadi dan catatan harian. Jika dulu hanya orang-orang terpilih saja yang tulisannya dapat dimuat di media cetak, sekarang semua orang dengan mudah menerbitkan tulisan secara online melalui website. Website seperti blog memberikan fitur yang dapat digunakan sebagai buku harian atau tampilan apapun sesuai minat penggunanya. 

Menjadi Media Pengenalan Profil Perusahaan 
Profil perusahaan menjadi aspek yang penting bagi sebuah perusahaan untuk menggaet klien dan memperluas jaringan. Penyebaran informasi tentangan profil perisahaan dapat dilakukan dengan website. Perluasan jangkauan menggunakan website akan meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. 

Sebagai Display Produk atau Jasa
Selain mengenalkan profil perusahaan, website dapat digunakan sebagai etalase digital produk ataupun jasa. Cara kerjanya sama seperti katalog menu, website akan memudahkan calon pembeli dan pengguna jasa melihat-lihat penawaran suatu produk maupun jasa. Anda bisa memberi informasi sedetail mungkin di website, baik lewat tulisan, foto, video, bahkan melihat gambar secara 360 lewat fitur 360 product viewer.

Melayani Transaksi Digital Selama 24 Jam
Manfaat website banyak menguntungkan para pebisnis adalah kesempatan melayani transaksi digital selama 24 jam. Website memungkinkan Anda menerima orderan pelanggan setiap saat, tanpa harus berjaga setiap waktu seperti menjaga toko konvensional. Dengan begitu pengusaha dapat mencapai penjualan lebih banyak dan meraup untung lebih juga. 

Pusat Informasi dan Pemberitaan
Fungsi website yang paling utama adalah sebagai media penyampaian informasi. Lewat website, segala bentuk informasi dan pemberitaan dapat dimuat. Misalnya, promo, menampilkan pengumuman hasil seleksi karyawan, pendaftaran event tertentu, berita terbaru perusahaan, dan banyak lagi.

Membangun Komunitas
Manfaat website selanjutnya adalah sebagai sarana membangun komunitas. Website dapat mempertemukan orang-orang dengan ketertarikan meski berada di tempat yang berjauhan. Website dapat dipergunakan untuk bertukar informasi tentang hobi maupun tips. Salah satu website yang digunakan untuk membangun komunitas adalah facebook dan twitter. 

Sebagai Virtual Asset
Dalam ilmu ekonomi, apa saja yang menghasilkan keuntungan penjualan disebut sebagai asset, begitu juga website. Sebuah website yang dikelola dengan maksimal mampu mendatangkan berbagai keuntungan. Baik dari monetizing maupun dengan mendatangkan lebih banyak customer dan klien.

Demikian beberapa manfaat dari website dan kami merekomendasikan untuk pembuatan website di hypercloudhost.com

Bagian yang tak terpisahkan dari Website adalah Hosting dan berikut penjelasan tentang Hosting. 

Mengenal Web Hosting
Informasi yang ditampilkan pada website dapat terjadi berkat adanya web hosting. Jadi web hosting adalah sebuah perangkat komputer yang tersambung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website agar nantinya bisa diakses siapa saja secara online. Segala informasi pada website tersimpan pada server web hosting yang letaknya ada di ruang penyimpanan data yang biasa disebut data center. Para pemilik website lebih memilih untuk menyewa jasa web hosting karena dianggap membantu dalam pengelolaan website. Selain itu, mempercayakan situs web pada web hosting dinilai lebih optimal dan memuaskan.

Selain dipakai untuk penyimpanan data, web hosting juga sering dipakai untuk aktivitas file transfer pada FTP dan pusat data email. Server pada web hosting sendiri memiliki jaringan internet berkecepatan tinggi dan mampu beroperasi selama 24 jam nonstop. Selain itu web hosting memiliki variasi kapasitas mulai dari 300 MB hingga ratusan gigabyte. Keberadaan web hosting ini umumnya sangat menguntungkan bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Bagaimana tidak, dengan layanan internet super cepat selama 24 jam tanpa henti, para pelanggan tentu dapat mengakses alamat website dengan mudah dan nyaman.

Cara Kerja Web Hosting
Mungkin Anda masih bingung dengan gambaran akan web hosting. Untuk lebih mudah memahaminya Anda bisa memulainya dengan membayangkan membuka alamat suatu website pada mesin pencari. Pada saat Anda mengakses alamat situs web selanjutnya internet akan mengirim permintaan akses kepada server hosting. Kemudian server pun akan merespon dengan mengirimkan kembali data-data dari alamat website yang dicari dalam bentuk tulisan dan gambar.

Jenis-jenis Web Hosting
Server pada web hosting menyimpan banyak data seperti gambar, file, data pelanggan dan yang lainnya.  Perlu Anda ketahui juga, ternyata layanan web hosting terdiri dari berbagai macam. Berikut jenis-jenis web hosting dan penjelasannya yang bisa Anda simak.

Shared Hosting
Shared hosting merupakan layanan web hosting yang banyak dipakai karena menelan bugdet yang kecil.  Sesuai dengan namanya, web hosting jenis ini dipakai tidak hanya oleh satu pihak saja melainkan berbagi dengan yang lainnya atau dipakai secara bersama-sama. Walaupun biaya yang dibutuhkan sedikit namun hak akses ke server dan setting server sangat terbatas dang ditentukan oleh pengelola server. Selain itu, karena dipakai secara bersama-sama maka kemungkinan akan terjadi overload dan mengganggu pemilik website yang lain.

Cloud Hosting
Cloud hosting merupakan web hosting yang memiliki banyak server. Karena jumlah yang banyak maka web hosting jenis ini dinilai stabil dan memiliki sumber daya yang tak terbatas. Jika Anda memilih untuk menyewa jenis cloud hosting dijamin tidak akan kecewa karena masing-masing server dapat berinteraksi dan tersambung satu sama lain.

VPS (Virtual Private Server)
Bagi Anda yang memiliki pengunjung website dengan jumlah banyak, VPS merupakan pilihan jenis web hosting yang tepat. Walaupun pada dasarnya memiliki kinerja yang sama dengan shared hosting namun kualitas sumber dayanya setingkat lebih tinggi. Jika pada shared hosting hak akses ditentukan oleh pengelola server, tidak demikian dengan VPS. Pemilik website dalam hal ini memiliki hak penuh atas pengaturan servernya masing-masing. Oleh sebab itu biayanya pun lebih mahal dari shared hosting. Jika Anda memilih layanan VPS ini pastikan untuk melakukan instal panel kontrol secara mandiri.

Demikian sekilas informasi tentang pengertian, cara kerja dan jenis web hosting. Bagi Anda yang masih bingung menentukan layanan web hosting yang akan disewa sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu. di hypercloudhost.com Dengan melihat riwayat layanan web hosting, testimoni pemakai, dan klien yang bekerjasama semoga dapat membantu Anda untuk memilih web hosting yang tepat.