Home Teknologi Ketua TP. PKK Taput Upayakan Fasilitasi Pelatihan Pelaku UMKM Dan Menyerahkan Mesin Pencacah Nenas

Ketua TP. PKK Taput Upayakan Fasilitasi Pelatihan Pelaku UMKM Dan Menyerahkan Mesin Pencacah Nenas

SHARE
Ketua TP. PKK Taput Upayakan Fasilitasi Pelatihan Pelaku UMKM Dan Menyerahkan Mesin Pencacah Nenas

Keterangan Gambar : Ketua TP. PKK Taput Upayakan Fasilitasi Pelatihan Pelaku UMKM Dan Menyerahkan Mesin Pencacah Nenas

mediaMERAHPUTIH.com - [TAPUT] - Ketua Dekranasda Tapanuli Utara, Satika Simamora, SE, MM di dampingi Kadis Perindag Gibson Siregar menyerahkan bantuan mesin pencacah nenas kepada Kades Onan Runggu bertempat di KantorDekranasa Taput, Tarutung, Rabu, (07/07/2021).

Saat menyerahkan mesin pencacah serat daun nenas tersebut, Ketua Dekranasda Taput menitip pesan kepada pengerajin melalui Kades Onan Runggu Gindo Simanjuntak, agar alat tersebut dipergunakan sebaik-baiknya dan nanti akan ada pelatihan cara mengoperasikan mesin tersebut agar pengerajin semakin optimal mengaplikasikan ilmu yang didapatkan

"Pasca Kementerian Perindustrian fasilitasi pelatihan pengolahan serat daun Nenas beberapa waktu lalu di Hotel GNB Muara, sekarang juga kembali memfasilitasi bantuan berupa mesin pencacah serat daun nenas (Dekortikator), satu buah ATBM Dogan serta tiga unit mesin Bordir", ujar Ketua Dekranasda mengawali.

Lanjutnya, "Nanti kita akan fasilitasi cara memakai mesin pencacah nenas ini, karena bahan bakunya banyak disana. Usai dilatih menggunakan mesin, selanjutnya akan kita adakan pelatihan mengolah serat daun nenas menjadi benang. Mesin ini sangat bermanfaat untuk mengolah daun nenas menjadi benang. Nanti kita akan latih agar bisa secepatnya diproduksi," akhir arahan Ketua Dekranasda Taput.

Setelah menerima bantuan, Kades Gindo Simanjuntak menyampaikan apresiasi atas perhatian Ketua Dekranasda Satika Simamora dan yakin dengan adanya mesin pencacah nenas ini, limbah daun nenas tidak lagi terbuang tetapi dapat dimanfaatkan lagi dengan baik.

"Semoga secepatnya kami di latih, sehingga pelaku UMKM binaan desa Onan Runggu bisa secepatnya menguasai cara pengolahan serat daun nenas. Nilai ekonomisnya akan meningkat setelah kita kembangkan dengan bantuan ini", ujar Kepala Desa Onan Runggu.|| Ekolin/*