Home Nasional Juarsah Dua Tahun Memimpin, Banyak Program Nyata Dirasakan Masyarakat Muara Enim

Juarsah Dua Tahun Memimpin, Banyak Program Nyata Dirasakan Masyarakat Muara Enim

208
0
SHARE
Juarsah Dua Tahun Memimpin, Banyak Program  Nyata Dirasakan Masyarakat Muara Enim

Keterangan Gambar : Juarsah Dua Tahun Memimpin, Banyak Program Nyata Dirasakan Masyarakat Muara Enim

 mediaMERAHPUTIH.com  - Muara Enim. Masuk Dua Tahun memimpin Kabupaten Muara Enim setelah dilantik nya pada tanggal 18 September 2019 lalu di  Palembang, memberikan arti perubahan yang tepat sasaran, melalui Program dipersembahkan ke masyarakat tentunya untuk menjadikan Kabupaten Muara Enim menjadi Kabupaten terbaik.

Program tersebut sesuai Visi Misi Merakyat, Muara Enim untuk Rakyat, yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera. yang diciptakan Bupati Muara Enim terdahulu Ir H Ahmad Yani bersama Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH yang kini H Juarsah SH menjabat sebagai PLT Bupati Muara Enim, pastinya bermanfaat, dimana sudah dirasakan masyarakat. (18/9).

Diketahui, Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu dari 17 kabupaten/kota yang Secara geografis Kabupaten Muara Enim terletak di tengah-tengah Provinsi Sumatera Selatan dengan luas wilayah 7.483 kilometer persegi yang terdiri dari 22 kecamatan, 246 desa dan 10 kelurahan. Dengan letaknya yang berada di tengah, maka Kabupaten Muara Enim berbatasan langsung dengan 11 kabupaten/kota, yaitu sebelah utara berbatasan dengan Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir; kemudian di timur berbatasan dengan Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Kota Prabumulih; di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Lahat; terakhir di selatan berbatasan dengan Kota Pagaralam, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

Sedangkan Berdasarkan data BPS Kabupaten Muara Enim Tahun 2019, jumlah penduduk Kabupaten Muara Enim mencapai 630 ribu jiwa dengan kepadatan sekitar 84 jiwa perkilometer persegi yang sebagian besar bekerja di sektor pertanian dan perkebunan. Pertumbuhan ekonomi kami sebesar 7,02% dengan tingkat pengangguran terbuka 4,78 % dan indeks pembangunan manusia (IPM) yaitu 68,88 poin, yang tergolong klasifikasi sedang.

Adapun Visi Misi pembangunan Kabupaten Muara Enim 2018 – 2023 adalah Muara Enim Untuk Rakyat (MERAKYAT) yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab. Muara Enim telah menyelenggarakan beberapa program unggulan, seperti yang kita lihat bersama pada tayangan awal tadi, yaitu antara lain

Program kesehatan gratis, dimana seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim yang tidak mampu dan belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, semuanya sudah di-cover Pemkab. Muara Enim menjadi peserta BPJS Kesehatan;

Program pemberian perlengkapan sekolah gratis, mulai dari seragam, tas, sepatu, buku dan peralatan tulis bagi seluruh siswa  SD/SMP sederajat baik negeri maupun swasta di Kabupaten Muara Enim dan bahkan Pemerintah menyiapkan Beasiswa untuk masyrakat yang tidak mampu untuk melanjutkan sekolah ke tingkat SMA sampai ketingkat Perguruan Tinggi.

Program bantuan satu desa satu ambulance;

Program pengembangan insfrastruktur jalan Kabupaten Muara Enim;

Program pengentasan kemiskinan;

Program Bedah Rumah

Program Pengembangan Gas Kota

Asuransi Kematian;

Santunan anak yatim dan kaum duafa;

Program pertanian dan perkebunan;

Program bidang keagamaan;

Mendukung program strategis nasional pengembangan jalan tol Simpang Indralaya – Muara Enim dan Muara Enim – Lubuklinggau.

Kemudian Program Bunga Desa ‘Bupati Ngantor di Desa’ atau Safari Jumat, dimana setiap hari Jumat, Bupati beserta kepala dinas/intansi berkunjung ke desa-desa untuk melihat langsung kondisi di lapangan, berdiskusi, menyampaikan berbagai program pemerintah, sekaligus Shalat Jumat bersama warga. dimana program ini menjadi salah satu program unggulan diajang Pemilihan Kepala Daerah Inovatif 2020 se-Sumatera Selatan.

Khusus program kegiatan keagamaan, antara lain yaitu 

Gerakan 1000 guru ngaji, menghafal Alqur’an semudah tersenyum;

Penyelenggaraan MTQ; 

Lomba keindahan dan kenyamanan masjid;

Festival seni islami “Qasidah, robana, nasyid, dan marawis”; dan Kegiatan Khotmil Quran, yaitu Gerakan Tahfiz Alqur’an & Baca Tulis Alqur’an (BTA) untuk anak usia sekolah di tingkat SD & SMP sederajat. Program inipun selaras dengan program Gubernur Sumatera Selatan, yaitu ‘1 desa 1 rumah tahfiz’.

Pemkab. Muara Enim juga memiliki program umroh gratis sebagai apreasiasi dan wujud terima kasih bagi para warga berprestasi yang telah mengabdi dibidang keagamaan Islam. Seperti pada tahun lalu telah memberangkatkan umroh 201 orang, yang terdiri dari para pemenang MTQ, guru mengaji, pengurus jenazah, pengurus masjid dan kelompok marawis. Bapak Walikota dan hadirin sekalian yang saya hormati, Berbagai program tersebut tentu saja masih banyak yang harus kami tingkatkan kedepannya dan juga berusaha untuk terus memperbaiki serta mengembangkan diri guna meningkatkan mutu pelayanan yang jauh lebih kepada masyarakat.

“Alhamdulillah apa yang kami persembahkan tak lain hanya untuk masyrakat, dan Program Merakyat ini akan terus berlanjut terkecuali 1 Desa 1 Ambulan, dengan kata lain apabila program tersebut sudah dibagikan merata ke ke Desa Desa maka program itu akan kami ganti, tentu nya program itu akan kita ganti dengan program yang tentu nya sama manfaat nya untuk masyarakat, ” Ucap H Juarsah.

Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada perangkat Daerah yang sudah berjibaku mendukung program merakyat ini, dan semoga apa yang diberikan ke masyarakat dapat menjadi Evaluasi lagi sehingga kita dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Muara Enim, “Ungkap PLT Bupati Muara Enim. (Ali).

 Klik Sumber SRIWIJAYAONLINE.com